5 Hal Yang Bisa Bunuh Otak Secara Perlahan

1.  Kekurangan vitamin B12 Berdasarkan penelitian di NYU Langone Medical Center, kekurangan vitamin B12 sedikit saja bisa menurunkan fung...

1.  Kekurangan vitamin B12
Berdasarkan penelitian di NYU Langone Medical Center, kekurangan vitamin B12 sedikit saja bisa menurunkan fungsi otak. Masalah seperti kepikunan dini, sulit berkonsentrasi, dan tak bisa maksimal menggunakan fungsi otak seringkali disebabkan oleh kekurangan vitamin B12.

Penelitian lain yang dilakukan oleh US Framingham juga menemukan bahwa satu di antara empat orang biasanya mengalami kekurangan vitamin B12. Untuk itu, pastikan Anda tidak sampai melewatkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 setiap hari. Vitamin B12 hanya terdapat dalam daging hewan. Karena itu ada banyak kemungkinan bahwa vegetarian biasanya mengalami kekurangan vitamin B12. Dua makanan yang paling banyak mengandung vitamin B12 adalah hati dan ikan makarel.

2.  Makanan Yang Terkena Pestisida
Penggunaan pestisida saat ini sudah sangat marak dan dianggap sebagai hal biasa. Padahal pestisida dan zat kimia lainnya bisa mengurangi dan merusak kualitas makanan yang ditanam. Mengonsumsi makanan yang dikembangkan menggunakan bahan-bahan kimia beracun juga bisa berbahaya untuk tubuh dan lingkungan.

Penelitian yang dilakukan di Salk Institute research mengungkap bahwa pestisida berkaitan dengan penyakit saraf, antara lain kesulitan berkonsentrasi dan ADHD. Untuk itu, jika memungkinkan lebih baik pilih makanan yang dikembangkan secara alami dan organik, tanpa penggunaan pestisida. Meski saat ini sayuran dan buah-buahan organik masih mahal, namun membawa efek kesehatan yang lebih baik untuk tubuh.

3.  Minum Alkohol
Alkohol tak hanya berbahaya untuk lever, melainkan juga bisa mempengaruhi otak. Seperti halnya seseorang yang menjadi linglung dan tak bisa berpikir jernih ketika minum alkohol, begitu juga perlahan alkohol bisa merusak kesehatan otak.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Brain and Cognition mengungkap bahwa alkohol bisa menurunkan fungsi otak secara dramatis. Penelitian ini menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi terlalu banyak alkohol akan mengalami penurunan fungsi otak dan lebih cepat pikun.

4.  Merokok 
Sudah bukan rahasia lagi jika merokok bisa merusak kesehatan. Tak hanya kesehatan paru-paru dan jantung, tetapi juga merusak kesehatan otak. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neurochemistry mengungkap bahwa terdapat kaitan langsung antara merokok dan kerusakan otak. Penelitian ini menemukan bahwa zat dalam rokok bisa memicu sel darah putih untuk menyerang sel yang masih sehat dan merusak saraf.

Merokok tak hanya bisa mematikan, namun zat di dalamnya juga bisa menyebabkan polusi di lingkungan sekitar. Hal ini tak hanya berkaitan dengan kesehatan otak, melainkan juga kesehatan paru-paru diri Anda sendiri dan orang lain.

5.  Depresi

Penelitian mengungkap bahwa depresi yang tak segera diatasi bisa menyebabkan kerusakan otak secara permanen. Sejak lama depresi memang diketahui bisa menurunkan kinerja otak dan membuat orang lebih sulit berkonsentrasi. Namun penelitian terbaru di Stanford University juga mengungkap bahwa terlalu lama merasakan depresi dan tak segera menyelesaikannya juga bisa menyebabkan kerusakan permanen pada otak. Sekitar 20 persen pasien yang mengalami penurunan fungsi otak akibat depresi tak bisa benar-benar pulih sepenuhnya.

Selain itu, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa depresi bisa membuat bagian tertentu dari otak mengecil secara permanen. Bagian yang terpengaruh adalah yang berkaitan dengan kemampuan belajar dan mengingat. Untuk itu jangan remehkan rasa depresi. Segera cari bantuan demi kesehatan otak dan diri Anda sendiri. Karena depresi juga merupakan penyakit serius yang bisa berujung pada bunuh diri.

Itulah beberapa hal yang secara perlahan bisa membunuh otak Anda. Jika salah satunya adalah kebiasaan yang Anda lakukan, coba hentikan mulai saat ini. Selain itu, jangan remehkan hal-hal di atas karena efeknya pada otak Anda bisa jadi sangat berbahaya.

Sumber: http://www.merdeka.com/sehat/5-hal-ini-bisa-membunuh-otak-secara-perlahan.html

Baca Juga

Kesehatan 2994700237562310404

Populer

Recent

Komentar

item