9 Trik Menjadi Salesman Sukses

Menjalani pengalaman sebagai sales person merupakan sesuatu yang berharga. Tak sedikit orang yang berhasil sampai puncak karir  yang memul...

Menjalani pengalaman sebagai sales person merupakan sesuatu yang berharga. Tak sedikit orang yang berhasil sampai puncak karir  yang memulai kariernya dari divisi pasukan ujung tombak . Jika dilakukan dengan benar, maka pengetahuan dari penguasaan ilmu lapangan  bisa menjadi aset untuk jenjang karir yang  sangat cepat  di kemudian hari.

Berikut ini langkah awal kiat menjadi salesman yang sukses:

1.  Tentukan tujuan menjadi sales person
Sejatinya menjadi sales person bertujuan mencari penghasilan yang berlipat ganda. Dengan menjadi sales person memiliki kesempatan untuk mendapatkan hasil diluar standar gaji yang ditetapkan. Seperti bonus dan komisi penjualan. Sudah pasti 99% seorang sales person memiliki  berorientasi uang. Dalam dunia penjualan paling mudah di ukur tingkat keberhasilannya yaitu kita akan di katakan berhasil jika mencapai target yang telah di tetapkan ataupun sebaliknya. Biasanya setelah sales person mendapatkan materi maka selanjutnya secara otomatis jenjang karir akan ikut menyertai.

2.  Tentukan target
Pikirkan apa yang ingin Anda dapatkan dan capai dengan menajdi sales person atau menjual product  ini. Dengan adanya target tersebut Anda bisa lebih fokus untuk lebih meningkatkan kualitas pada kemampuan yang Anda inginkan.

3.  Etika dasar
Hormati peraturan perusahaan tempat Anda bekerja. Tempatkan diri pada posisi yang tepat. Jangan pernah merasa arogan seakan tempat kerja yang lebih membutuhkan Anda. Hormati kode etik yang sudah terbentuk di perusahaan Anda. Dengan bersikap sopan dan menghormati orang lain, Anda akan lebih dihargai. Didunia penjualan sering kali terjadi permainan permainan trik kecurangan satu sama lain. Tapi percayalah ketika anda menjalani dengan sesuai jalur maka semua kecurangan pasti bisa di atasi. Kuncinya kejujuran dan etika. Reputasi dan kepercayaan terhadap Anda sangat dipertaruhkan ketika anda meniti karir.

4.  Cari mentor
Selain supervisor  atau atasan langsung, usahakan membangun hubungan baik dengan pegawai lainnya. Cari orang yang bisa menjadi mentor, memberikan ilmu, pengalaman, dan kesempatan belajar sesuai keahlian yang Anda inginkan..

5.  Fokus pada pekerjaan

Kunci sebuah keberhasilan dalam menjalani komitmen adalah fokus menjalaninya. Ketika kita sudah masuk ke area pekerjaan sudah seharusnya totalitas mencurahkan semua energi pikiran tenaga dan waktu untuk menjalani komitmen tersebut.

6.  Aktif dan sepenuh hati
Inisiatif Anda untuk lebih aktif pasti sangat dihargai. Jika ada yang tidak dimengerti sebaiknya bertanya kepada supervisor Anda sebelum melakukannya, agar pekerjaan Anda sesuai harapan.

Usahakan pula untuk bekerja dengan sepenuh hati. Usahakan menyelesaikan terget penjualan  yang diberikan dengan hasil semaksimal mungkin. Hal tersebut pasti akan mendapat perhatian dari supervisor Anda. Jika hasil kerja memuaskan, bukan tak mungkin akan terbuka pintu ke kesempatan lain yang lebih besar. Kuncinya adalah inisiatif, aktif, dan sepenuh hati.

Usahakan untuk selalu dikenal sebagai Sales person  yang aktif. Jangan sampai Anda dikenal dengan "si malas", "si pemarah", "si cemberut", serta julukan lain yang kurang sedap.

7.  Bersikap profesional

Jaga citra Anda sebagai pribadi. Jangan tergoda untuk ikut bergosip atau hal-hal yang bisa merusak reputasi Anda.


8.  Jangan menyerah
Namanya kerja lapangan , kemungkinan besar Anda menemui berbagai hambatan, stress yang tinggi dan berbagai permasalahan. Tapi jangan lalu hilang semangat. Kerjakan dengan sepenuh hati apa pun yang terjadi di lapangan. Sambil mengerjakan hal tersebut tentu masih banyak hal yang bisa dipelajari.

Jika Anda sering mengeluh maka sulit untuk melihat potensi-potensi ilmu yang bisa didapat sambil mengejar target  yang diberikan. Buktikan kemampuan Anda dengan menyelesaikan target penjualan secara maksimal.

9.  Jaga hubungan baik

Setelah closing  sebaiknya tetap jaga hubungan baik dengan klien. Kirim email ucapan terimakasih kepada klien  yang sering berhubungan dengan Anda. Usahakan untuk meninggalkan kesan yang baik agar bermanfaat di kemudian hari. Dan menanti REPEAT ORDER SELANJUTNYA.
Semoga bermanfaat ya...

Sumber: dishare kawan2 sales, jadi biar manfaat dishare lagi aja. Diinternet cari sumber tepat belum ketemu.24/12/14

Baca Juga

Trik & Tips 2672377211087192760

Populer

Recent

Komentar

item