4 Trik Biar Rajin Menabung Buat Para Pemuda

Di era modern seperti sekarang, salah satu hal paling penting yang perlu dilakukan para pemuda adalah mulai belajar mengelola uang dengan ...

Di era modern seperti sekarang, salah satu hal paling penting yang perlu dilakukan para pemuda adalah mulai belajar mengelola uang dengan bijak. Lantaran, banyak orang yang sejak usia muda sudah dililit utang.

Lebih parah lagi, saat semakin dewasa dan telah berumahtangga, utang tersebut justru semakin menumpuk dan tampak sulit untuk dilunasi. Karena itu, mengelola uang dapat dimulai dengan belajar menabung.

Meski banyak yang mengaku sangat kesulitan untuk menabung, itu bukan tidak mungkin dilakukan. Berikut empat trik menyimpan uang untuk para pemuda seperti dikutip dari Liputan6, Selasa (27/1/2015):

1. Susun anggaran dan patuhi
Pastikan Anda biasa menulis seluruh pengeluaran dan pemasukan yang dimiliki. Tuliskan berbagai prioritas yang harus didahulukan.

Ini akan membantu Anda untuk mengambil uang terlalu banyak jika tidak dibutuhkan. Berikutnya, coba sekuat tenaga untuk mematuhi aturan yang Anda buat sendiri.

Jika Anda patuh terhadap anggaran tersebut, maka di akhir bulan, akan banyak uang tabungan yang tersisa.

2. Buat rekening di bank
Sangat penting bagi Anda untuk menabung guna mengatasi keadaan darurat yang mungkin saja muncul seperti misalnya Anda kehilangan pekerjaan atau sedang melamar ke perusahaan lain.

Menabung memang bukan hal mudah, tapi setidaknya Anda dapat mencobanya dengan terlebih dulu membuat rekening bank.

3. Membeli barang sesuai kebutuhan

Jangan pernah membeli barang yang tidak Anda butuhkan karena itu hanya akan membuang-buang uang tak berguna. Pastikan pengeluaran tetap lebih rendah dari pendapatan.

Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan mendapatkan lebih banyak uang di akhir bulan bahkan setelah seluruh tagihan berhasil dibayar. Setelah naik jabatan, Anda tetap dituntut meneruskan hidup dengan cara sederhana seperti itu.

Jika tak perlu menaikkan biaya hidup, sebaiknya jangan mengubah gaya hidup menjadi berlebihan.

4. Ikut asuransi
Mengikuti asuransi kesehatan merupakan keharusan saat Anda masih muda seperti sekarang. Jika tidak mendapatkannya dari perusahaan, Anda bisa mencari lembaga asuransi lain.

Asuaransi ini juga dapat mengurangi biaya berobat Anda secara drastis. Tentu saja, itu akan menjauhkan Anda dari utang besar saat harus menjalani perawatan medis. (Sis/Ahm)








Baca Juga

Trik & Tips 2342184066659789715

Populer

Recent

Komentar

item