Penggemar Soda, Anda Rentan Derita Batu Ginjal !

Anda yang gemar mengonsumsi minuman berkarbonasi atau soda perlu hati-hati. Konsumsi sekaleng soda sehari disebutkan dapat meningkatkan ri...

Anda yang gemar mengonsumsi minuman berkarbonasi atau soda perlu hati-hati. Konsumsi sekaleng soda sehari disebutkan dapat meningkatkan risiko batu ginjal.

Dalam Clinical Journal of American Society of Nephrology, Dr Gary Curhan, mengatakan, "Studi kami ini menemukan bahwa ada hubungan antara asupan cairan dan batu ginjal. Tapi itu tergantung pada jenis minuman yang dikonsumsi."

Kurang lebih tiga dari 20 orang pria dan satu dari 20 orang wanita di Inggris, menderita batu ginjal pada tahap tertentu di dalam hidupnya. Kedua kelompok ini sering disarankan untuk minum lebih banyak cairan untuk mencegah itu semua.

Namun, Dr Curhan mengatakan, studi baru menunjukkan beberapa jenis minuman tertentu lebih menguntungkan daripada yang lain.

Bersama timnya, Curhan mempelajari data dari 194.095 pasien selama periode delapan tahun.

Peneliti menemukan, orang yang mengonsumsi satu porsi atau lebih minuman cola, per hari memiliki risiko 23 persen lebih tinggi menderita batu ginjal dibanding mereka yang mengurangi konsumsi cola per hari bahkan per minggunya.

Untuk minuman lain seperti kopi, teh, dan air jeruk, justru disebutkan mampu mengurangi risiko tersebut. Jenis minuman itu telah masuk ke dalam penelitian yang dikerjakan oleh Brigham and Womens Hospital, di Boston, Amerika Serikat.

"Studi prospektif kami ini menegaskan, beberapa jenis minuman yang berhubungan dengan rendahnya risiko pembentukan batu ginjal, sedangkan yang lain terkait dengan risiko yang lebih tinggi," kata peneliti dari Catholic University of the Sacred Heart di Roma, Eropa, Dr Pietro Manuel Ferraro, seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (16/5/2013).

Meski asupan cairan yang lebih banyak dapat mengurangi risiko pembentukan batu, informasi konsumsi individual mungkin berguna bagi para dokter untuk mencari strategi mengurangi pembentukan batu ginjal pada para pasien.

sumber: http://health.liputan6.com/read/587855/penggemar-soda-anda-rentan-derita-batu-ginjal

Baca Juga

Kesehatan 4684127654589118934

Populer

Recent

Komentar

item