Tips Cara Mempercepat Kinerja Smartphone dan Tablet Android

Seiring berjalannya waktu, pemakaian perangkat smartphone dan tablet Android yang dilakukan secara terus menerus akan mengakibatkan menurunn...

Seiring berjalannya waktu, pemakaian perangkat smartphone dan tablet Android yang dilakukan secara terus menerus akan mengakibatkan menurunnya performa mesin, sehingga gadget tersebut akan terasa sangat lamban bahkan mengalami hang/ macet total. Hal ini merupakan permasalahan umum yang memang sering dialami oleh semua pengguna gadget canggih khususnya yang berbasis Android.

Menurunnya kinerja perangkat Android juga bisa disebabkan karena pengguna kurang memelihara sistem operasi dengan baik. Apabila sistem operasi tidak terpelihara dengan baik, maka ponsel atau tablet akan sangat mudah terinfeksi virus dan malware yang terkenal mampu membuat sistem menjadi lambat. Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut ini kami berikan tips Mempercepat Kinerja Smartphone dan Tablet Android agar kembali seperti baru lagi.

1. Uninstall atau Menonaktifkan Aplikasi yang tidak terpakai


Bila didalam gadget anda terdapat banyak berkas, seperti file musik, gambar, atau bahkan aplikasi yang sudah tidak terpakai, sebaiknya anda menghapus atau menon-aktifkan aplikasi tersebut agar kinerja perangkat android kembali berjalan optimal. Karena file-file dan aplikasi yang sudah tidak terpakai bila tidak dihapus hanya akan memakan ruang penyimpanan internal perangkat saja, akibatnya kinerja sistem menjadi lambat.

Melakukan uninstall aplikasi pada Android dapat dilakukan dengan mudah, caranya : buka menu home, kemudian pilih Settings, lalu tekan pilihan Apps. Di dalam panel Apps anda tinggal memilih aplikasi mana saja yang ingin di uninstall lalu tunggu prosesnya hingga selesai.

2. Hapus Cache Aplikasi

Data-data cache aplikasi yang sudah tidak diperlukan lama kelamaan akan semakin menumpuk dan dapat mempengaruhi performa perangkat Android anda. Karenanya, agar kinerja smartphone atau tablet Android anda selalu optimal, sebaiknya lakukanlah penghapusan cache aplikasi secara rutin ketika selesai digunakan seharian. Proses ini dapat anda lakukan melalu opsi Apps di menu Settings, namun jika anda tidak mau ribet, saat ini software aplikasi pembersih cache aplikasi Android sudah banyak tersedia di toko resmi Google Play, seperti C Cleaner dan Cleaner Master yang dapat di download secara gratis.






sumber: http://infotoday.blogdetik.com/tips-cara-mempercepat-kinerja-smartphone-dan-tablet-android/

Baca Juga

Trik & Tips 1343724966464549476

Populer

Recent

Komentar

item