15 Obat Alami Pereda Stres dan Cemas

Orang yang stres bisa mengalami kecemasan dan ini bisa memicu depresi. Cemas ini artinya Anda mulai khawatir dengan beberapa hal di dalam hidup Anda yang belum terjadi. Tapi, kecemasan yang berlebihan bisa berubah menjadi kondisi yang serius yang disebut depresi.

Anda harus melakukan beberapa langkah untuk membunuh kecemasan. Kecemasan dapat dengan mudah dikontrol dengan mengubah gaya hidup Anda, pergi ke tempat hiburan, mengurangi stres baik di tempat kerja atau di rumah. Namun depresi membutuhkan bantuan medis dan tidak dapat diobati tanpa pengobatan yang tepat.

Kecemasan dapat membuat Anda merasa lelah . Gejala-gejala kecemasan tidak terbatas pada otak saja, Anda dapat mengalami gejala fisik juga seperti nyeri tubuh, sakit kepala, mual, muntah dan ulserasi lambung. Rambut dan kulit juga akan terpengaruh. Kecemasan mungkin akar penyebab banyaknya dis-fungsi organ tubuh.

Apabila Anda sulit menghilangkan kecemasan, ada beberapa pengobatan rumahan yang bisa menjadi solusi stres dan cemas.

Obat alami untuk stres dan kecemasan ini tentunya aman dan tak memiliki efek samping seperti zat kimia seperti dilansir liputan6.com, Sabtu (7/2/2015):


1. Jahe

Jahet sangat efektif menghilangkan stres dan tekanan. Salah satu cara terbaik adalah mengonsumsi teh jahe. Anda juga bisa mengirisnya dan menaruh potongan jahe dalam air. Biarkan mendidih dan kemudian saring airnya. Minumlah setelah air mendingin.

2. Jojoba

Jojoba memiliki efek menenangka pada tubuh Anda. Mandilah dengan sabun yang mengandung jojoba karena menenangkan tubuh adalah langkah pertama dalam menenangkan pikiran.

Minyak jojoba juga bagus untuk pijat atau Anda dapat menambahkan beberapa tetes untuk mandi. Ini akan memiliki efek relaksasi pada pikiran Anda.

3. Ginkgo Biloba

Ini obat terbaik untuk stres dan cemas. Ginkgo Biloba memiliki sifat antioksidan dan obat penenang. Ekstrak daun Ginkgo Biloba mengandung glikosida flavonoid dan terpenoid, yang bisa meredakan kecemasan dan stres. Anda dianjurkan berkonsultasi ke dokter sebelum menggunakannya apabila Anda mengonsumsi obat pengence atau antidepresan.

4. Bergamot


Minyak Esensial bergamot merupakan minyak aromatik yang diekstrak dari kulit jeruk bergamot.

Pengobatan aromaterapi dengan minyak esensial bergamot sangat dianjurkan bagi mereka yang ingin menghilangkan stres dan kecemasan dengan cara alami, karena membantu mengurangi kadar hormon stres. Minyak esensial Bergamot dapat dihirup setelah diteteskan ke kain atau kertas tisu.

5. Chamomile


Chamomile adalah obat kuno untuk relaksasi, tetapi penelitian ilmiah juga menemukan bahwa chamomile efektif untuk menghilangkan stres.

Cobalah minum teh chamomile di pagi hari dan memulai hari dengan sukacita.

 Baca selanjutnya...

[next]

6. Lavender

Tanaman ini menenangkan tubuh dan pikiran. Cobalah menggunakan minyak esensial lavender di kamar mandi Anda untuk menghilangkan stres.

Anda juga bisa membuat teh lavender dari bunga (segar atau kering). Tanaman ini juga akan membantu Anda jika Anda menderita tidur gelisah.

7. Eucalyptus


Zat ini hadir dalam kayu putih yang efektif dalam mengurangi kecemasan dan stres.

Anda dapat minum teh yang terbuat dari daun kering atau menghirup minyak esensial eucalyptus setelah memercikkan minyak ke ke kain atau tisu. Ini akan memiliki efek menenangkan pada pikiran Anda.

8. Theanine

Theanine adalah asam amino yang ditemukan dalam teh. Theanine mengurangi stres mental dan fisik serta membuat mood membaik.

Ini memiliki efek menenangkan juga. Jadi jika Anda ingin bersantai, suplemen theanine mungkin hal yang tepat untuk Anda. Dosis yang dianjurkan untuk theanine adalah 200 mg per hari.

9. Vitamin B

Anda juga perlu memastikan memperoleh cukup vitamin, terutama B6, yang diperlukan untuk membuat zat kimia dalam otak Anda yang membuat Anda bahagia seperti serotonin.

Studi menunjukkan kadar rendah vitamin B12 terkait dengan kecemasan. Anda dapat menggunakan suplemen B-kompleks yang biasanya mengandung semua vitamin B yang Anda butuhkan, termasuk B6.

10. Magnesium

Magnesium merupakan mineral yang dapat membantu tidur dan kecemasan, karena mengurangi ketegangan otot dalam tubuh dan dianggap mineral relaksasi yang kuat.
Kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup mineral penting ini, sehingga konsumsi 400-800 mg setiap hari dapat membantu mengurangi gejala kecemasan dan stres.

11. Asparagus

Depresi dikaitkan dengan rendahnya kadar asam folat. Asparagus kaya akan asam folat dan mudah untuk menyesuaikan asparagus ke dalam hampir semua makanan.

 Baca selanjutnya...

[next]

12. Blueberi

Buah ini mengandung antioksidan dan vitamin C. Ketika Anda stres, tubuh Anda membutuhkan vitamin C dan antioksidan untuk membantu memperbaiki dan melindungi sel-sel. Biasakan makan blueberi karena memiliki efek menenangkan.

13.Ubi Jalar

Ubi mengurangi stres karena dapat memenuhi keinginan Anda untuk mendapatkan karbohidrat dan gula ketika Anda berada di bawah stres.

Mereka kaya akan beta-karoten dan vitamin lainnya, dan serat membantu tubuh Anda untuk memproses karbohidrat secara lambat dan mantap.

14. Dried Aprikot

Aprikot kaya magnesium, yang merupakan stres-buster dan relaksan otot alami.

15. Ikan salmon

Salmon membantu sel-sel otak untuk berfungsi lebih kolaboratif, membantu Anda untuk mengatasi stres lebih efektif.

Diet tinggi asam lemak omega-3 melindungi terhadap penyakit jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa omega-3 mencegah stres hormon kortisol dan adrenalin untuk mencapai tingkat puncak dalam tubuh Anda.
____________

Baca Juga

Kesehatan 4852463798658022127

Populer

Recent

Komentar

item