6 Bahan Alami untuk Obati Gusi Bengkak

Seperti diketahui gusi bengkak merupakan salah satu penyakit mulut. Penyebab utama dari gusi bengkak adalah kebersihan mulut yang tidak di...

Seperti diketahui gusi bengkak merupakan salah satu penyakit mulut. Penyebab utama dari gusi bengkak adalah kebersihan mulut yang tidak dijaga. Setelah makan misalnya, akan ada sisa makanan yang akan meningkatkan risiko gusi bengkak jika tidak segera dibersihkan.

Selain kesehatan mulut, makanan tidak sehat, penggunaan kawat gigi, kehamilan serta kurangnya asupan vitamin C juga dapat menyebabkan gusi bengkak.

Untuk mengobati gusi bengkak ini, Anda bisa saja menggunakan bahan-bahan yang ada di pasaran yang berisiko memiliki efek samping. Maka, ada baiknya menggunakan bahan-bahan alami untuk obati gusi bengkak.

Melansir liputan6.com pada Kamis (29/1/2015), berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengobati gusi bengkak.

1. Minyak Cengkeh
Cengkeh telah dikenal memiliki banyak manfaat, termasuk untuk mengobati gusi bengkak. Caranya, Anda tinggal mengoleskan minyak cengkeh yang asli pada bagian gusi yang sakit. Lakukan minimal 2 kali sehari.

2. Jeruk Nipis
Cara kedua obati gusi bengkak adalah menggunakan jeruk nipis. Cara menggunakannya, peras jeruk nipis dan tambahkan pada satu gelas air hangat. Kumur-kumur melalui campuran ramuan tersebut saat malam dan pagi hari.

3. Air Garam
Cara ini adalah cara yang paling dikenal oleh masyarakat. Anda tinggal mencamurkan 1 sendok teh garam dengan air hangat. Aduk hingga rata dan gunakan untuk berkumur.

4. Bawang Putih
Bawang putih juga dapat obati gusi bengkak. Caranya, ambil satu siung bawang putih lalu hancurkan. Kemudian, campurkan bawang dengan garam lalu oleskan pada gusi yang bengkak.

5. Madu
Madu memang memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah mengobati gusi bengkak. Caranya, Anda tinggal mengoleskan madu pada bagian gusi yang bengkak sebanyak 3 kali sehari.

6. Pijitan jari
Selain menggunakan bahan-bahan alami, memijit menggunakan jari tangan juga dapat menjadi cara alternatif redakan gusi bengkak. Caranya, pijat gusi bengkak dengan gerakan melingkar dan berulang-ulang. Ingat, pastikan tangan Anda bersih, ya!

sumber: http://health.liputan6.com/read/2167711/6-bahan-alami-untuk-obati-gusi-bengkak

Baca Juga

Kesehatan 8195597222000875460

Populer

Recent

Komentar

item