6 Cara Ampuh Menjadi Lebih Kreatif

Untuk mengasah kreativitas dan menjadi orang yang lebih kreatif memang diperlukan niat dan juga usaha. Jika Anda familiar dengan istilah “...

Untuk mengasah kreativitas dan menjadi orang yang lebih kreatif memang diperlukan niat dan juga usaha. Jika Anda familiar dengan istilah “out of the box” , secara garis besar memang itulah inti dari kreativitas, berpikir di luar pikiran umum. Kreativitas memang tidak datang begitu saja. Kreativitas adalah sesuatu hal yang harus bisa digali setiap waktu, tak peduli berapa umur Anda. Tapi menjadi pribadi kreatif memberikan banyak keuntungan.

Berpikir kreatif menjadikan seseorang bisa memecahkan masalah dengan lebih baik, bisa mengerjakan pekerjaan dengan cara yang lebih efektif dan pribadi tersebut akan menjadi sosok yang menarik dan easy going.

Asal Anda tahu, kreativitas bisa digali dengan kebiasaan-kebiasaan ringan. Tak usah berpikir soal mengikuti kelas melukis, atau mendalami seni mematung. Tidak seperti itu. Cara-cara sederhana seperti membiasakan diri menyanyi di kamar mandi atau membaca lebih banyak akan melatih otak Anda untuk terus kreatif. Selain itu, berikut beberapa cara efektif dan sederhana yang bisa Anda lakukan dalam keseharian untuk terus melatih kreativitas di diri Anda seperti dikutip dari beliberi.com, 27/12/14.


  • Kurangi menonton televisi
Terdengar kejam, tapi sesungguhnya televisi bisa “melumpuhkan” otak Anda. Televisi dan tayangannya seperti memainkan permainan dengan pemirsanya dan membiarkan emosi pemirsanya terkuras hanya berdasarkan pemikiran-pemikiran yang tidak logis. Televisi menguras isi pikiran dan kreativitas untuk tujuan yang tidak jelas.



  • Berjalan
Meski itu cuma 15 menit atau satu jam, mulailah membiasakan diri lebih banyak berjalan. Perhatikan pemandangan di sekitar Anda. Tapi jangan terikat dengan semuanya. Nikmati saja, biarkan pikiran Anda bebas lepas. Mungkin Anda akan menemukan ide-ide kreatif di tengah proses itu.


  • Menulis
Di zaman serba digital ini, tak ada salahnya Anda memulai cara konvensional. Ambil secarik kertas dan alat tulis, mulailah menulis. Apa saja. Bisa ide, perasaan, masalah yang ingin diselesaikan, apa saja. Menulis bisa membantu pikiran Anda lebih lepas dan membiarkan ruang untuk kreativitas. Tapi ingat, bukan menulis di komputer atau tablet, tapi di atas kertas.


  • Menari dan bergerak
Jangan takut kalau Anda terlihat lucu atau jelek, tapi mulailah membiasakan diri menari dan bergerak. Menari tidak jauh beda dengan berolahraga. Setiap gerakan akan melepaskan hormon yang membiarkan otak dan tubuh merasakan perasaan yang nyaman yang sering disebut endorfin. Ini akan membiarkan ide-ide kreatif Anda terbentuk.


  • Diam
Mendengar di tengah keheningan akan sangat membahagiakan. Anda bisa melakukannya di banyak tempat. Mungkin sambil menyaksikan matahari terbenam. Atau mungkin Anda menentukan satu hari tanpa gangguan, tanpa telepon genggam, tanpa televisi, tanpa komputer. Jelaskan pada keluarga kalau di waktu-waktu tertentu Anda perlu ruang dan waktu untuk “me time’ .


  • Bermain dan berpura-pura
Ketika Anda bermain, pikiran bawah sadar Anda bisa lebih mengeksplor fungsinya. Gunakan imajinasi Anda dengan membayangkan apa yang ingin Anda dapatkan beberapa tahun ke depan. Berpura-puralah menjadi jutawan atau pengusaha sukses. Memvisualisasikan detail-detail tersebut dan menuliskannya bisa membangun perasaan baru di diri Anda dan memberikan asupan kreativitas untuk pikiran.
-

Baca Juga

Trik & Tips 4311869967444000591

Populer

Recent

Komentar

item