Tak Hanya Orang Tua, Remaja Kini Juga Rentan Stroke

Penyakit stroke ternyata tidak hanya menyerang para orangtua. Untuk itu perlu rasanya menjaga kesehatan agar penyakit ini tidak menyerang di usia muda. Studi di American Academy of Neurology yang diterbitkan dalam jurnal Neurology mengatakan satu dari lima korban stroke berusia lebih muda dari 45 tahun dan risiko itu terus meningkat.

Peneliti dari beberapa universitas melihat sekitar 60 studi sebelumnya yang mengatakan dengan kemajuan medis menggunakan MRI dapat mendeteksi gumpalan atau penyumbatan di otak yang menyebabkan stroke.

"Selain penyumbatan, faktor risiko MD seperti kolesterol tinggi, hipertensi, dan diabetes kebanyakan diderita orang usia muda yang rentan terhadap stroke," ujar Penulis Studi dan Neurologist Aneesh B. Singhal, M.D dikutip Womenshealthmag, Senin 26 Januari 2015.
Bagian yang paling menakutkan menurut Singhal yaitu orang di usia 20 tahun kerap didiagnosis berisiko stroke.

"Kebanyakan mengira penyakit ini dialami orang tua namun kini anak muda rentan terkena stroke," jelasnya.

Gejala stroke pada orang usia muda menurut Singhal diantaranya migren, kejang, multiple sclerosis, dan kecemasan. Selain itu diikuti kesulitan bicara, kelemahan tangan atau kaki, serta kehilangan sensorik.

Tidak hanya itu gejalanya juga dapat dilihat dari kebingungan, delirium, kejang, rasa mengantuk yang berlebihan, atau tiba-tiba mual dan muntah.

"Faktor penyebab pada umumnya karena adanya gumpalan baik di jantung ataupun otak, pembekuan darah akibat konsumsi obat-obatan melebihi dosis dan gaya hidup," kata Singhal.






sumber:google+Melati Oktaviani

Baca Juga

Kesehatan 289454001620475262

Populer

Recent

Komentar

item